Review book of “Bajak Laut Popcorn”









Halo pembaca! Konnichiwa! Kali ini, Alifa bakal membuktikan janjinya di artikel “sinopsis buku Donat Berantai” lho! Yaitu menceritakan 5 seri buku ini! Klik read more-nya ya!





Nah, buku ini ditulis oleh pak Alexander McCall Smith, penerbitnya Buah Hati book, dan ini buku kedua yang paaaaling aku suka setelah buku Donat Berantai (sebenarnya suka kelima serinya sih, hihe ><). Nah, kumulai review bukunya sekarang saja ya!
Kepulauan popcorn ada di 4 titik di sebelah pulau Jamaika, dan 4 titik keci disebelah pulau Jamaika itu dapat terlihat jika kamu memperhatikan peta Karbia dengan saksama.
4 titik kecil itu dulu tidak diberikan nama, karenaa mereka terlalu kecil untuk dinamai. Dan pulau itu sering digunakan untuk tempat tinggal sementara para pelaut yang terdampar, dan para pelaut yang terdampar ditempat tersebut pasti akan nyaman tinggal disana. Karena mereka dapat menikmati angin segar menerpa mereka, dapat melihat penyu-penyu menetaskan telurnya, burung liar berkeliaran. Namun semua hewan ataupun mahluk hidup lainnya (kecuali manusia), senang akan kedatangan tamu baru, karena mereka merasa mempunyai teman baru juga.
Dan para pelaut yang terdampar di pulau itu pasti akan dijemput dari penghuni pulau asalnya, cepat atau lambat. Para pelaut yang sudah dijemput, pasti akan merasa sedih karena akan meninggalkan pulau kecil yang tentram nan damai tersebut.
Kira-kira, 100 tahun yang lalu, saat kakek buyut Lucy membuang sauh kapalnya kelaut, ia memutuskan untuk menjelajahi ke-4 titik pulau itu bersama istrinya.
Ia sangat menyukai pulau-pulau itu, begitupun istrinya, dan mereka berdua sepakat untuk membawa keluarga mereka serta anak buah kapal mereka tinggal di pulau itu.
Dan saat kelahiran kakek Lucy, masing-masing keempat pulau itu dihunai oleh 50 jiwa, dan pada kelahiran Lucy, penghuni masing-masing keempat pulau itu 125 jiwa.
Pada setiap tahunnya, aka nada acara panen jaagung berondong (popcorn), dan sekolah selalu diliburkan, karena semua warga di kepulauan popcorn harus membantu acara panen jagung tersebut.
Cerita selipan dari Alifa :
4 titik pulau yang dijelaskan diatas, diberi nama kepulauan popcorn karena hanya dalam waktu 6 minggu dari saat warga kepulauan popcorn menyemai benih jagung, pohon jagung akan tumbuh dan menghasilkan jagung mentah.
Lanjut cerita!!
Dan akan ada acara dansa saat acara penen jagung akan berakhir. Sam, adik Lucy menujukkan kehebatannya dalam melenturkan sendinya, dengan cara berdansa dibawah tiang kayu yang hanya berjarak beberapa jengkal tangan. Semua orang-pun bertepuk tangan dengan aksi Sam itu.
Keesokan harinya, kapal pengangkut popcorn untuk dijual ke negri ataupun pulau lain datang, sang komando kapal bernama kapten Foster, dan anjingnya Biscuit. Semuanya sibuk seharian untuk mengangkut panen popcorn mereka.
Pada saat malam harinya, Lucy berbicara dengan Hermione, sahabatnya dengan sandi senter. Dan inti percakapan mereka adalah “kapan kapten Foster akan kembali lagi”.
Keesokan harinya, kapten Foster kembali ke pulau popcorn, bersama Biscuit. Wajah mereka tertekuk, sedih.
Kami dirampok oleh bajak laut, itulah jawaban kapten Foster saat ketiga teman itu bertanya.
Sambil bercakap-cakap, mereka berlima (termasuk Biscuit) menikmati sup buatan ibu Lucy. Dan mereka bertiga mempunyai ide brilian yang mereka rencanakan akan mengungkapkannya esok hari kepada kapten Foster dan orangtua mereka.
Kami bertiga ingin menemanimu berlayar kapten Foster! Ucap Hermione dengan bangga dan meyakinkan.
Awalnya kapten Foster ragu dengan rencana mereka, namun setelah mereka menjelaskan niat mereka, yaitu membantu kapten Foster berjaga dikapalnya, kapten Foster tidak ragu lagi, namun sang kapten meminta ketiga teman itu untuk izin kepada orang tua mereka.
Jam demi jam berlalu, akhirnya tibalah waktu keberangkatan rombongan kapten Foster, bersama ketiga kawan itu, karena mereka mendapat izin dari orangtua mereka.
Nah, penasaran dengan cerita selanjutnya bukan???
Beli saja di link dibawah ini ya!
tokobaca.com/bajaklautpopcorn
oh iya, ketik bajak laut popcornnya di kolom search ya!
Harganya cukup terjangkau kok (kurang dari Rp.20.000 lho!)!
Terimakasih telah membaca artikel ku para pembaca setia!
I will hope you enjoy my post!


  

Comments

Popular posts from this blog